Rabu, 16 Februari 2011

Resume Sistem Basis Data pertemuan 1

Di buat Oleh : hadi setiawan
NIM : 10410100097



1. Nama / Profil Organisasi : PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK

2. Alamat Organisasi :




LOKASI PABRIK


Lokasi pabrik sangat strategis di Sumatera, Jawa dan Sulawesi menjadikan Semen Gresik Group (SGG) mampu memasok kebutuhan semen di seluruh tanah air yang didukung ribuan distributor, sub distributor dan toko-toko. Selain penjualan di dalam negeri, SGG juga mengekspor ke beberapa negara antara lain: Singapura, Malaysia, Korea, Vietnam, Taiwan, Hongkong, Kamboja, Bangladesh, Yaman, Norfolk USA, Australia, Canary Island, Mauritius, Nigeria, Mozambik, Gambia, Benin dan Madagaskar.

1. Semen Padang.
Semen Padang memiliki 4 (empat) pabrik semen, kapasitas terpasang 5,24 juta ton semen pertahun berlokasi di Indarung, Sumatera Barat. Semen padang memiliki 5 pengantongan semen, yaitu : Teluk Bayur, Belawan, Batam, Tanjung Priok dan Ciwandan.

2. Semen Gresik.
Semen Gresik memiliki 3 pabrik dengan kapasitas terpasang 8,2 juta ton semen per tahun yang berlokasi di Tuban, Jawa Timur. Semen Gresik memiliki 2 pelabuhan, yaitu : Pelabuhan khusus Semen Gresik di Tuban dan Gresik.

3. Semen Tonasa.
Semen Tonasa memiliki 3 pabrik semen, kapasitas terpasang 3,48 juta ton semen per tahun, berlokasi di Pangkep, Sulawesi Selatan. Semen Tonasa memiliki 7 (tujuh) pengantongan semen, yaitu : Biringkasi, Makassar, Samarinda, Banjarmasin, Bitung, Palu, Ambon, Celukan Bawang, Bali.
Alamat web: http://www.semengresik.com. 



ALAMAT KONTAK

Kantor Pusat : Jl. Veteran, Gresik, Indonesia 61122, telp (62-31) 3981732, Fak (62-31) 3983209, Email: ptsg@sg.sggrp.com, website : http://www.semengresik.com/

Kantor Perwakilan : Gedung Graha Irama Lantai XI, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta 12950, telp (62-21) 5261174-5, fak (62-21) 5261176


Profil Organisasi :

PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK berdiri tahun 1992 dengan nama PT. PRIMA KEMAS INDONESIA, dengan bidang usaha pembuatan kantong kantong dan kemasan industri. 
Sesuai dengan akte no 139 tanggal 11 Desember 1992, nama perusahaan berganti menjadiPT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK (IKSG).

PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK mulai beroperasi secara komersil 4 April 1994, dengan kapasitas produksi 66 juta kantong/tahun jenis produksi Kraft Sewn Bag (kantong kraft jahit).
Seiring perkembangannya, PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK selalu meningkatkan mutu layanan dan kualitas produknya, diantaranya dengan merelokasi pabrik ke lokasi baru di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.
Untuk memenuhi kebutuhan kantong yang semakin meningkat, kapasitas produksi dan kualitas dari tahun ke tahun selalu kami tingkatkan dengan investasi maupun modifikasi mesin-mesin.

Sejak tahun 2002, PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK telah mencapai total kapasitas produksi sebesar 240 juta kantong / tahun.
Pertumbuhan ini dapat tercapai karena dukungan sumber daya manusia yang berkualitas, serta sistem manajemen yang efektif.
Kami memiliki komitmen untuk menjamin serta mengutamakan kepuasan pelanggan.
PT. INDUSTRI KEMASAN SEMEN GRESIK “Selalu unggul dalam layanan, kualitas dan mutu”



3. Usaha utamanya dibidang : 
Memproduksi, memperdagangkan semen dan produk terkait lainnya yang berorientasikan kepuasan konsumen dengan menggnakan teknologi yang ramah lingkungan.



4. Jelaskan Proses Bisnis Organisasi (jelaskan masih manual atau sudah komputerisasi)?


Semen Gresik sebenarnya telah menggunakan aplikasi buatan sendiri (in-house development) berbasis program Foxbase dan database Sybase sejak 1989, namun aplikasi ini tidak begitu efektif untuk menunjang kinerja PT. Semen Gresik. Aplikasi ini juga tidak membuat bagian-bagian dalam PT. Semen Gresik terintegrasi satu sama lainnya. Oleh karena itu untuk meningkatkan tingkat efektifitas dan  efisiensi kinerja di PT. Semen Gresik, maka pada Oktober 2000 dibentuklah Tim Proyek Sistem Informasi Grup Semen Gresik untuk merealisasikan impian PT. Semen Gresik.

5. Dalam Ranah Aplikasi Database termasuk kelompok yang mana ? Jelaskan mengapa !
Databasenya dalam ranah Enterprise Database karena Dalam satu perusahaan terdiri dari  satu database yang mencakup keseluruhan sistem dari seluruh departemen atau bisa di bilang saling terinegritas antara satu dengan yang lain.

6. Jika anda diminta mengembangkan sistemnya, apa yang akan anda lakukan !
saya akan menggunakan system komputerisasi saja karena lebih efesien

7. Jika anda menggunakan literatur sebagai sumber jawaban, sertakan di halaman terakhir tentang Daftar Pustaka

Daftar Pustaka :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar